Cara Mudah Menakar Air untuk Memasak Beras

Memasak nasi yang pulen dan lezat bisa jadi tantangan bagi sebagian orang. Salah satu faktor kuncinya adalah menentukan takaran air yang tepat. Terlalu sedikit air bisa membuat nasi keras dan kering, sedangkan terlalu banyak air akan menghasilkan nasi lembek dan berair.


Category Article 1

| 39 Views

Cara Mudah Menakar Air untuk Memasak Beras

Memasak nasi yang pulen dan lezat bisa jadi tantangan bagi sebagian orang. Salah satu faktor kuncinya adalah menentukan takaran air yang tepat. Terlalu sedikit air bisa membuat nasi keras dan kering, sedangkan terlalu banyak air akan menghasilkan nasi lembek dan berair.

Namun, jangan khawatir. Ada trik mudah yang bisa kamu coba untuk menentukan takaran air yang pas, yaitu dengan menggunakan jari. Penasaran? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Tips Mudah Menakar Air untuk Masak Beras

Memasak nasi yang pulen dan lezat mungkin terlihat mudah, tapi takaran air yang tepat merupakan kuncinya. Berikut dua tips mudah untuk menakar air saat memasak beras:

1. Setinggi Sendi Pertama Jari Telunjuk

Masukkan beras ke dalam panci. Lalu, sentuhkan jari telunjuk Anda pada permukaan beras. Tuang air secara perlahan hingga mencapai ketinggian sendi pertama jari telunjuk. Takaran ini ideal untuk menghasilkan nasi pulen yang tidak terlalu lembek atau keras.

2. Sampai Telapak Tangan Tenggelam

Ingin cara yang lebih mudah? Gunakan telapak tangan Anda sebagai patokan! Sendok beras ke dalam panci, kemudian sentuhkan telapak tangan Anda pada permukaan beras. Tuang air hingga telapak tangan Anda tenggelam, tepat di batas punggung sendi terakhir jari-jari.

Sebagai tips tambahan, jika Anda Ingin nasi yang lebih pulen ala Jepang Anda bisa merendam beras selama 30 menit sebelum dimasak. Teknik ini membantu beras menyerap air secara merata, menghasilkan nasi yang pulen dan lezat.

Tips Memilih Beras yang Berkualitas

Agar bisa mendapatkan beras berkualitas yang baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Warna Beras

Pertama-tama, penting untuk memperhatikan warna beras. Sebaiknya hindari beras yang terlalu putih karena bisa jadi mengandung pemutih yang tidak baik untuk kesehatan. Pilihlah beras yang memiliki warna lebih bening dan tidak terlalu putih.

2. Aroma Beras

Beras berkualitas biasanya memiliki aroma khas yang harum. Pastikan beras yang dibeli tidak berbau apek atau memiliki aroma tidak sedap lainnya. Pilihlah beras yang memiliki aroma normal seperti beras pada umumnya.

3. Cek Ada Tidaknya Kutu

Dan yang tidak kalah penting, Anda harus memperhatikan apakah ada kutu pada beras. Kehadiran kutu menandakan bahwa beras tersebut mungkin kurang bersih dan sudah lama disimpan. Namun, kutu juga menunjukkan bahwa beras tersebut bebas dari pestisida, pemutih, atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Jadi, tadi kita sudah membahas beberapa tips dalam mengukur air untuk memasak nasi dan juga cara yang tepat dalam memilih jenis beras untuk mendapatkan nasi yang punel dan harum. Ini akan sangat membantu kamu dalam menyajikan nasi yang sempurna untuk dinikmati bersama hidangan favoritmu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Sekarang, sudah tidak bingung lagi dalam menentukan jumlah air yang tepat untuk memasak nasi, bukan? Semoga tips ini bermanfaat.

Baca juga: Cara Memasak Nasi Agar Pulen & Enak

Semua Artikel


Kategori Artikel

Tinggalkan Ulasan


Artikel Lainnya


6 Manfaat Tepung Beras untuk Kesehatan

Sebagaimana dilansir dalam healthline, tepung beras dipercaya mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit, diet, dan jantung...

813 Views |


Category Article 1

Tepung Beras Putih Rose Brand

8 Pertanyaan Umum Seputar Tepung Beras

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang manfaat tepung beras yang sering kita gunakan dalam berbagai resep masakan? Meski terlihat sederhana, tepung ini menyimpan sejumlah fakta mena...

564 Views |


Category Article 1

Tepung Beras Putih Rose Brand

5 Resep Jajanan Pasar Lezat yang Harus Dicoba dengan Produk Rose Brand

Jika Anda seorang pecinta kuliner, pasti tak asing dengan kelezatan jajanan pasar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lima resep jajanan pasar yang tak hanya memikat lidah, t...

47 Views |


Category Article 1