5 Menu Sahur yang Akan Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

Saat berpuasa, makan sahur dengan porsi yang banyak memang bisa memberikan perasaan kenyang pada perutmu. Namun, jika kamu tidak memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan sahur, kamu bisa merasa lapar di siang hari. Selain itu, kekurangan energi juga bisa menghambat aktivitasmu sepanjang hari.


Category Article 1

| 125 Views

5 Menu Sahur yang Akan Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

Saat berpuasa, makan sahur dengan porsi yang banyak memang bisa memberikan perasaan kenyang pada perutmu. Namun, jika kamu tidak memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan sahur, kamu bisa merasa lapar di siang hari. Selain itu, kekurangan energi juga bisa menghambat aktivitasmu sepanjang hari.

Tak hanya itu, sebaiknya kamu menghindari makanan instan saat sahur karena meskipun bisa membuatmu cepat kenyang, kamu juga akan cepat merasa lapar. Oleh karena itu, pastikan makanan sahur yang kamu konsumsi dapat membuatmu merasa kenyang sepanjang hari puasa. Tertarik untuk tahu makanan sahur apa saja yang bisa membuatmu kenyang? Simak informasi selengkapnya di sini!

Menu Sahur yang Bikin Perut Kenyang Lebih Lama

Jika ingin merasakan kenyang lebih lama dan tetap bertenaga selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kamu mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu saat sahur. Beberapa pilihan makanan yang disarankan adalah sebagai berikut:

 

1. Buah Pisang

 

Salah satu buah yang dapat membantu menjaga perut kenyang lebih lama selama berpuasa adalah buah pisang. Buah ini kaya akan mineral penting seperti magnesium dan potasium, yang memiliki manfaat serupa dengan protein dalam memberikan energi yang berkelanjutan pada tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya menyertakan pisang dalam menu sahur selama Ramadhan.

 

2. Telur

 

Dalam setiap butir telur, terkandung sekitar 6 gram protein dan 9 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa telur dapat membantu meningkatkan rasa kenyang pada tubuh. Selain itu, sebagian besar nutrisi dalam telur terkonsentrasi pada kuningnya, yang mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata Anda.

 

3. Nasi Merah

 

Jika kamu sedang mencari rekomendasi menu sahur yang sehat, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Selain lebih rendah kalori, nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, mie, atau pasta. Ini berarti, mengkonsumsi nasi merah saat sahur dapat membuat kamu kenyang lebih lama, karena makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membuat tubuh menyerap zat gizi dengan lebih lambat.

 

4. Greek Yoghurt

 

Yoghurt jenis Greek memiliki keunggulan dari segi tekstur yang lebih padat dan kental dibandingkan dengan jenis yoghurt lainnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein dan serat yang lebih tinggi di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut memiliki manfaat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sahur. 

Selain itu, yoghurt Greek juga mengandung probiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, makanan ini juga rendah karbohidrat sehingga cocok untuk menjaga pola makan sehat dan membantu menghalau rasa haus.

 

5. Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan mengandung protein penting yang berperan dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Jika kamu sedang mencari jenis kacang yang cocok untuk sahur, kacang edamame bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Protein yang terkandung dalam edamame dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak mudah lapar saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi kacang edamame saat sahur, kamu dapat mengontrol nafsu makan dengan lebih baik dan menjadikannya sebagai cara yang efektif untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Untuk menjaga kondisi agar perut tetap kenyang selama berpuasa, sebaiknya mengonsumsi makanan sahur yang tepat. Beberapa jenis makanan tertentu dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membantu menjaga stamina selama aktivitas puasa. Tambahkanlah beberapa makanan ini ke dalam menu sahurmu agar dapat berpuasa dengan lebih optimal setiap harinya. Jika masih ragu mengenai makanan yang tepat untuk sahur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.

Baca juga: Berikut Inspirasi Menu Buka Puasa & Sahur di Bulan Ramadhan

Semua Artikel


Kategori Artikel

Tinggalkan Ulasan


Artikel Lainnya


Berikut 7 Jajanan Basah dengan Bahan Dasar Tepung Beras

Seperti yang kita tahu, jenis kuliner khas Indonesia memang ada beragam, salah satu di antaranya ada kue basah. Kue basah terbuat dari berbagai bahan, seperti yang paling umum digu...

260 Views |


Category Article 1

Tepung Beras Putih Rose Brand

9 Resep Jajanan Pasar Khas Kalimantan

Bukan hanya di Sumatera dan Jawa saja, bahkan Kalimantan juga menyuguhkan aneka jajanan pasar yang patut anda cicipi. Kelezatan jajanan khas Kalimantan tidak kalah dengan menarik ...

49 Views |


Category Article 1

Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa Yang Harus Kamu Ketahui

Gula aren dan gula jawa terlihat serupa karena keduanya memiliki warna coklat yang sama. Selain itu, keduanya memiliki rasa yang manis. Seringkali, baik gula aren maupun gula jawa ...

269 Views |


Category Article 1