7 Makanan dan Jajanan Khas Bogor Yang Wajib Kamu Coba

Berikut tujuh kuliner khas kota Bogor yang wajib kamu cicipi saat berkunjung kesana. 1. Soto Mie Bogor, 2. Toge Goreng, 3. Mie Glosor, 4. Roti Unyil, 5. Laksa Bogor, 6. Doclang, 7. Bapatong


Category Article 1

Tepung Tapioka Rose Brand

| 73 Views

7 Makanan dan Jajanan Khas Bogor Yang Wajib Kamu Coba

Masih ada yang belum tahu makanan khas Bogor? Apakah kamu salah satunya? Tenang aja, di artikel ini kita bakal bahas makanan dan jajanan khas Bogor yang wajib kamu coba kalau main ke sana. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya!

Makanan dan Jajanan Khas Bogor

Berikut tujuh kuliner khas kota Bogor yang wajib kamu cicipi saat berkunjung kesana. 

1. Soto Mie Bogor

Rekomendasi pertama ada soto mie Bogor yang bisa kalian temukan di berbagai wilayah di Kota Hujan. Makanan khas Bogor ini berbeda dengan soto pada umumnya. Soto mie Bogor menjadi khas karena di dalamnya terdapat tetelan. Selain menggunakan risol atau kroket, soto mie Bogor juga terdapat mie kuning dan tomat. Rasa kuah dari makanan khas Bogor ini sangat segar dan gurih, cocok dinikmati saat hujan.

Nggak cuma itu, soto mie Bogor juga sering disajikan dengan emping yang renyah, menambah kenikmatan setiap suapan. Jadi, kalau lagi main ke Bogor, jangan lupa cobain soto mie Bogor yang legendaris ini ya!

2. Toge Goreng

Selanjutnya ada toge goreng yang merupakan makanan khas Bogor sejak puluhan tahun silam. Makanan khas Bogor ini berbeda dari namanya, walaupun toge goreng namun bahan tersebut tidaklah digoreng. Toge akan direbus di atas api kecil dengan bumbu rahasia. 

Dalam penyajiannya, toge goreng dicampurkan dengan mie kuning dan tahu kuning. Lalu disiram dengan bumbu tauco dan ditaburi bawang goreng. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat toge goreng ini selalu bikin nagih. Apalagi kalau dimakan saat masih panas, wah, benar-benar nikmat! Jangan lupa tambahkan kerupuk biar makin mantap.

3. Mie Glosor

Makanan khas Bogor lainnya adalah mie glosor. Mie glosor biasanya dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk umat Islam di kota Bogor. Mie ini kerap disajikan dengan sambal kacang, dilengkapi kerupuk mie, dan gorengan. 

Ciri khas mie glosor yaitu mie yang berwarna kuning keemasan. Hal ini karena pembuatan mie glosor menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit. Rasanya yang kenyal dan gurih bikin siapa saja ketagihan. Bahkan saat bulan Ramadhan, mie glosor selalu jadi incaran banyak orang untuk takjil berbuka puasa.

4. Roti Unyil

Makanan khas Bogor yang terkenal lainnya adalah roti unyil. Roti unyil juga merupakan salah satu kuliner yang kerap menjadi oleh-oleh dari Bogor. Seperti namanya, roti unyil memiliki bentuk yang kecil sehingga cocok dijadikan kudapan saat senggang. Roti unyil memiliki banyak isi dan bentuk yang unik, sehingga tidak heran bila roti unyil terkenal dan digemari oleh banyak masyarakat.

5. Laksa Bogor

Selain roti unyil, ada juga Laksa Bogor yang jadi primadona di kalangan pecinta kuliner. Laksa Bogor ini biasanya dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan. Sekilas tampak seperti soto, dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus. Laksa Bogor menggunakan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk menambah cita rasa yang khas.

6. Doclang

Tidak hanya itu, Doclang juga merupakan salah satu makanan khas Bogor yang wajib dicoba. Dilihat dari bentuknya, jenis kuliner ini memang sangat mirip dengan lontong sayur atau yang biasa disebut dengan kupat tahu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat doclang sendiri terdiri dari pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus. Beragam isian tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap. 

Ciri khas dari doclang sendiri adalah pesor atau ketupat yang terbuat dari beras yang dibungkus daun putat. Doclang kemudian direbus selama beberapa jam sampai matang dan lezat. Daun putat sendiri adalah jenis tanaman yang tumbuh di kaki Gunung Salak. Rasanya yang unik dan lezat membuat doclang menjadi favorit banyak orang.

7. Bapatong

Buat yang suka bakso, jangan lupa coba Bapatong saat berkunjung ke Bogor. Singkatan Bapatong berasal dari Bakso Kupat Gentong. Bapatong Bogor menjadi salah satu kuliner khas yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Bogor. 

Sensasi kenyalnya daging bakso dipadukan dengan kuah yang segar dan gurih sangatlah sempurna bila dinikmati dalam keadaan masih panas. Jadi, saat berkunjung ke Bogor, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khas yang satu ini.

Nah, itu dia makanan khas Bogor yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dan wajib banget dicoba. Jadi, setelah baca tentang makanan khas Bogor ini, ada nggak nih yang belum pernah kamu cicipi? Yuk, jangan sampai kelewatan!

Baca Juga:12 Kuliner Nusantara yang Enak dan Mudah Dibuat

Semua Artikel


Kategori Artikel

Tinggalkan Ulasan


Artikel Lainnya


Cara Penyimpanan Sayur dan Buah yang Benar

Kesehatan tubuh tidak hanya tergantung pada asupan energi dari karbohidrat, protein, dan lemak, namun juga dari vitamin dan mineral yang terdapat pada sayur dan buah. Mengonsumsi m...

119 Views |


Category Article 1

Gula Aren dan Manfaatnya Pada Tubuh

Gula aren menjadi salah satu jenis gula yang banyak disukai, lantaran sering menjadi campuran dalam minuman kopi kekinian. Dan tahukah Anda bahwa gula aren juga memiliki manfaat ba...

181 Views |


Category Article 1

Tips dan Trik Menggunakan Tepung Beras Putih yang Harus Anda Ketahui

Tepung beras putih adalah bahan makanan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai resep masakan. Selain sebagai bahan dasar kue, tepung beras putih juga dapat digunakan dalam h...

98 Views |


Category Article 1

Tepung Beras Putih Rose Brand