5 Menu Jajanan Buka Puasa dari Tepung Beras Rose Brand

Bulan Ramadhan sudah tiba, dan tak lengkap rasanya jika tak membahas tentang jajanan buka puasa. Salah satu jajanan yang populer di Indonesia adalah jajanan dari tepung beras. Nah, kali ini kita akan membahas 5 menu jajanan buka puasa dari Tepung Beras Rose Brand yang bisa kamu coba di rumah.


Category Article 1

Tepung Beras Putih Rose Brand

| 172 Views

5 Menu Jajanan Buka Puasa dari Tepung Beras Rose Brand

Bulan Ramadhan sudah tiba, dan tak lengkap rasanya jika tak membahas tentang jajanan buka puasa. Salah satu jajanan yang populer di Indonesia adalah jajanan dari tepung beras. Nah, kali ini kita akan membahas 5 menu jajanan buka puasa dari Tepung Beras Rose Brand yang bisa kamu coba di rumah.

Rekomendasi Menu Jajanan Buka Puasa

Berikut ini adalah rekomendasi jajanan dari tepung beras yang dapat dihidangkan ketika sedang berbuka puasa.

 

1. Kue Putu

 

Bahan :

- 350 gram Tepung Beras Rose Brand

- 100 gram Tepung Ketan Rose Brand

- 1/2 sdt Garam

- 225 ml Air pandan, caranya blender 2 lembar daun pandan dengan air lalu disaring

- Secukupnya Gula merah, disisir

- Secukupnya Kelapa parut

Cara Membuat :
  1. Campurkan Tepung Beras Rose Brand, Tepung Ketan Rose Brand, dan garam. Aduk hingga merata.
  2. Untuk langkah selanjutnya, tambahkan air pandan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diremas-remas hingga mencapai tekstur yang serupa dengan pasir kasar.  
  3. Setelah itu, saring adonan menggunakan saringan yang agak kasar sambil ditekan-tekan hingga terbentuk butiran seperti pasir. 
  4. Siapkan cetakan bambu dan masukkan adonan hingga mencapai setengah cetakan. Masukkan gula merah dan tutup dengan adonan. Saat memasukkan adonan ke dalam cetakan, tidak perlu ditekan, cukup dicurahkan saja. 
  5. Setelah itu, panaskan kukusan dan kukus putu bambu selama kurang lebih 15 menit hingga matang. Sajikan putu bambu dengan kelapa parut agar lebih nikmat. 

2. Nagasari

Bahan :

- 250 gram Tepung Beras Rose Brand

- 150 gram Gula Pasir Rose Brand

- 1000 ml Santan Rose Brand

- 50 gram Tepung Tapioka Rose Brand

- 1 saset kecil Vanili bubuk

- 1/2 sdt Garam

-Secukupnya Pisang untuk isian

- 2 lembar Daun pandan

Cara Membuat :
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus Santan Rose Brand hingga mendidih, lalu tunggu hingga santan menjadi dingin.
  2. Siapkan panci lalu masukkan semua bahan, kecuali pisang untuk isian.
  3. Pastikan untuk mengaduk hingga tercampur merata dan tanpa ada bahan yang bertekstur.
  4. Kemudian masak adonan tersebut hingga kental, kalis, dan kesat. Setelah matang, matikan kompor dan angkat panci dari api.
  5. Selanjutnya, bungkus adonan dengan daun pisang dan masukkan pisang untuk isian. 
  6. Setelah semuanya terbungkus dengan rapi, kukus sampai matang. Biarkan hidangan tersebut dingin dan siap untuk disajikan.

3. Klepon

Bahan :

- 250 gram Tepung Ketan Rose Brand

- 50 gram Tepung Beras Rose Brand

- 1 sdt Pasta pandan

- 2 sdt Air kapur

- 275 ml Air matang

- 200 gram Gula merah halus

- 1/2 butir Kelapa parut

- 1/2 sdt Garam

- 1 lembar Daun pandan

Cara Membuat :
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan Tepung Ketan Rose Brand dan Tepung Beras Rose Brand, lalu aduk hingga rata. 
  2. Kemudian tambahkan pasta pandan, air kapur, dan air matang sedikit demi sedikit sampai adonan tersebut dapat dibentuk.
  3. Setelah itu, ambil satu sendok makan adonan dan pipihkan, kemudian isi dengan irisan gula merah dan bulatkan. Ulangi proses hingga adonan habis.
  4. Setelah bola klepon terbentuk, masukkan ke dalam air mendidih dan biarkan hingga bola klepon terapung. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Setelah itu, angkat dan sajikan bersama klepon yang telah matang tadi. Baluri klepon dengan kelapa parut yang sudah dikukus, dan klepon isi gula merah pun siap untuk disantap.

4. Kue Bikang

 Bahan :

- 1 kg Tepung Beras Rose Brand

- 300 gr Tepung terigu

- 50 gr Tepung Tapioka Rose Brand

- 550 gr Gula Pasir Rose Brand

- 1 liter Santan Rose Brand

- ½ sdt Garam

- Pewarna hijau dan merah muda

- 1 lembar Daun pandan

Cara Membuat:
  1. Pertama-tama, rebus Santan Rose Brand bersama daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan selama lima menit untuk memberi rasa daun pandan pada santan.
  2. Selanjutnya, persiapkan adonan dengan mencampurkan Tepung Beras Rose Brand, tepung terigu, Tepung Tapioka Rose Brand, Gula Pasir Rose Brand, dan garam ke dalam mangkuk. Aduk rata hingga bahan tercampur sempurna.
  3. Setelah itu, tuang santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk perlahan-lahan hingga adonan menjadi licin dan tanpa gumpalan.
  4. Bagi adonan menjadi dua bagian dan tambahkan pewarna makanan merah dan hijau pada masing-masing mangkuk adonan untuk memberikan warna pada kue. Namun, bila tidak ingin memberikan warna, Anda bisa menghilangkan tahap ini.
  5. Selanjutnya, panaskan cetakan dan tuangkan adonan warna putih ke dalam cetakan. Kemudian, beri adonan warna merah dan hijau pada bagian atasnya. Panggang hingga kue matang dan permukaannya agak kering.
  6. Jika sudah matang, keluarkan kue dari cetakan dan potong-potong menjadi bagian kecil atau rekahkan kue agar terlihat cantik dan menarik. Sajikan kue dengan cara yang sesuai dan nikmati selagi hangat.

5. Bolu Kukus

Bahan :

- 200 gram Tepung Beras Rose Brand

- 150 gram Gula Pasir Rose Brand

- 1 sdt Soda kue

- 1 sdt Baking powder

- 1/4 sdt Vanili bubuk

- 260 ml Air

- 50 gram Susu bubuk

- Secukupnya buah kering sebagai taburan

Cara Membuat :
  1. Campurkan beberapa bahan seperti Tepung Beras Rose Brand, Gula Pasir Rose Brand, soda kue, baking powder, dan vanili. Pastikan bahan-bahan tersebut tercampur rata.
  2. Selanjutnya, larutkan susu bubuk dengan air dan tuangkan ke dalam adonan secara perlahan sambil diaduk menggunakan whisk hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu, panaskan kukusan dan lapisi tutup kukusan dengan serbet bersih.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan paper cup hingga penuh. Beri tambahan irisan buah kering sebagai topping.
  5. Kemudian, kukus adonan selama sekitar 15 menit hingga matang.

Itulah 5 menu jajanan buka puasa dari Tepung Beras Rose Brand yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, jajanan ini juga mudah dibuat dan cocok dijadikan sebagai camilan buka puasa bersama keluarga. Selamat mencoba!

Baca juga: Menu Takjil Buka Puasa simple dan lezat dengan Santan Kelapa Rose Brand

Semua Artikel


Kategori Artikel

Tinggalkan Ulasan


Artikel Lainnya


10 Makanan Tradisional Indonesia yang Telah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Sebagai negara yang pernah berada di bawah kekuasaan Belanda, tidak mengherankan jika pengaruh kuliner dari negeri tersebut telah meresap ke dalam kekayaan kuliner lokal. Meskipun ...

55 Views |


Category Article 1

Yuk Nostalgia, Berikut 6 jajanan sd yang mudah dibuat

Saat mengingat masa sekolah dulu di SD, pasti teringat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai makanan enak di depan sekolah. Namun, saat ini semakin jarang ditemui, hal...

127 Views |


Category Article 1

Selain Mochi, Berikut 5 Jajanan Tradisional Jepang dengan Bahan Dasar Tepung Beras

Jepang dikenal dengan beragam kuliner lezat, seperti sushi yang terkenal sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Selain sushi, Jepang juga terkenal dengan kue tradisional yan...

194 Views |


Category Article 1